Pengertian Lengkap Tentang Analisis, Tujuan, Langkah, Metode, Teknik, dan Alat Bantunya

Selamat Datang di CatatanMamas.com pada kesempatan ini kita akan membahas seputar Pengertian Analisis, Tujuan, Langkah, Metode, Teknik, dan Alat Bantunya. Analisis merupakan kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen tertentu sehingga bisa diketahui ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar bagian satu sama lain, dan juga fungsi dari masing-masing bagian. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkap tentang pengertian analisis berikut ini.

Pengertian Analisis, Tujuan, Langkah, Metode, Teknik, dan Alat Bantunya

Ketika menemukan suatu masalah atau ingin melakukan penelitian, salah satu hal yang harus dilakukan adalah analisis. Kegiatan yang satu ini perlu dilakukan demi memperoleh kesimpulan atau solusi dari permasalahan tersebut. Lantas, apa itu pengertian analisis yang sebenarnya? Simak pembahasan lengkap tentang pengertian analisis, tujuan analisis, langkah-langkah analisis, metode analisis, teknik analisis, dan alat bantu analisis berikut ini.

Pengertian Analisis

Analisis merupakan kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen tertentu sehingga bisa diketahui ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar bagian satu sama lain, dan juga fungsi dari masing-masing bagian. Berikut ini adalah pengertian analisis menurut para ahli:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Pengertian analisis menurut KBBI adalah penguraian suatu pokok dari berbagai bagian, penelaahan bagian itu sendiri dan juga hubungan antar bagian demi memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman secara keseluruhan.

2. Menurut Harahap

Pengertian analisis menurut Harahap adalah pemecahan atau penguraian suatu unit menjadi beberapa unit terkecil.

3. Menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa


Pengertian analisis menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa dengan tujuan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya (apa penyebabnya, apa perkaranya, dan lain sebagainya).

4. Menurut Gorys Keraf

Pengertian analisis menurut Gorys Keraf adalah suat proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain.

Tujuan Analisis

Secara umum, tujuan dari kegiatan analisis adalah untuk mendeskripsikan data sehingga mudah dipahami, membuat dugaan (hipotesis), menguji hipotesis, serta membuat kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis.

Berikut ini adalah berbagai langkah yang diperlukan untuk melakukan analisis:

1. Mengumpulkan data-data penting.

2. Memeriksa kejelasan dan kelengkapan tentang pengisian instrumen pengumpulan data.

3. Melakukan proses identifikasi dan klasifikasi dari setiap pernyataan yang ada dalam instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang akan dianalisis.

4. Melakukan tabulasi atau kegiatan pencatatan data ke dalam tabel-tabel induk.

5. Melakukan pengujian terhadap kualitas data, yaitu dengan menguji validitas dan juga menguji reliabilitas instrumen dari pengumpulan data.

6. Menyajikan data dalam bentuk tabel frekuensi ataupun diagram agar lebih mudah untuk memahami atau menganalisis karakteristik data.

7. Menguji hipotesis. Pada langkah ini, dilakukan pengujian terhadap hipotesis apakah isinya benar atau tidak.

Metode Analisis

Secara umum, ada dua metode yang biasanya digunakan dalam kegiatan analisis, yaitu sebagai berikut:

1. Analisis data secara kualitatif

Metode analisis ini tidak menggunakan alat statistik, tapi dilakukan dengan menginterpretasi tabel, grafik, ataupun angka-angka yang ada, baru kemudian melakukan penguraian dan penafsiran.

2. Analisis data secara kuantitatif

Metode analisis data secara kuantitatif merupakan metode analisis yang menggunakan alat statistik. Dengan kata lain, analisis dilakukan menurut dasar-dasar statistik. Ada dua jenis alat statistik yang biasanya digunakan, yakni statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Dalam melakukan analisis, ada dua jenis teknik yang biasanya digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Teknik Analisis Data Secara Deskriptif

Teknik analisis data secara deskriptif adalah teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau mengambarkan data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa ada maksud untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian. Contoh dari teknik analisis data secara deskriptif yaitu penyajian data ke dalam bentuk tabel, diagram, mean, modus, grafik, presentase, frekuensi, dan lain sebagainya.

2. Teknik Analisis Data Secara Inferensial

Teknik analisis data secara inferensial adalah statistik yang digunakan untuk melakukan analisis data dengan cara menarik kesimpulan yang berlaku secara umum. Ciri khas dari teknik ini adalah dengan menggunakan rumus statistik tertentu, kemudian hasil perhitungannya akan menjadi dasar dari pembuatan generalisasi. Biasanya teknik analisis data secara inferensial digunakan untuk penelitian sampel.

Berikut ini adalah alat bantu analisis yang perlu kamu ketahui:

1. Flow Map

Flow Map merupakan penggambaran grafik dari langkah-langkah atau urutan prosedur dari sebuah program. Flow map berfungsi untuk membantu programmer dalam menganalisis dan memecahkan masalah ke dalam segmen yang lebih kecil, serta membantu dalam menganalisis alternatif pengoperasian.

2. Diagram Konteks

Diagram konteks adalah diagram yang di dalamnya terdapat sebuah proses yang menggambarkan hubungan antara sistem dengan pihak-pihak di luar lingkungan sistem, serta posisi sistem dalam lingkungan tersebut.

3. Data Flow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram merupakan suatu teknik grafik yang menggambarkan aliran data dan transformasi yang digunakan sebagai pergerakan data dari masukan menuju keluaran. Data Flow Diagram juga bisa diartikan sebagai model jaringan dari suatu sistem yang menggambarkan proses-proses yang terjadi dan aliran data di dalamnya. Dengan adanya DFD, kita bisa memahami suatu sistem dengan baik dan mudah.

4. Kamus Data

Kamus data adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Kamus data sengaja dibuat agar bisa digunakan untuk menganalisis sistem.Kamus data bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dan pengguna sistem.

5. Merancang Basis Data

a. Normalisasi

Sebuah file memiliki banyak sekali elemen yang perlu diorganisasikan. Proses untuk mengorganisasikan file dan menghilangkan elemen yang berulang-ulang ini disebut dengan proses normalisasi.

b. Konsep Relasi Entitas

Ada beberapa jenis relasi yang bisa terjadi dalam suatu basis data, yaitu relasi 1-1, relasi 1-N, relasi N-1, relasi N-N.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian analisis, tujuan analisis, langkah-langkah analisis, metode analisis, teknik analisis, dan alat bantu analisis yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai analisis.

0 Response to "Pengertian Lengkap Tentang Analisis, Tujuan, Langkah, Metode, Teknik, dan Alat Bantunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel