Pengertian Mengenai Sampah, Jenis, Manfaat dan Dampak dari Sampah

Selamat Datang di CatatanMamas.com pada kesempatan ini kita akan membahas seputar Pengertian Sampah, Jenis, Dampak, dan Manfaatnya. Sampah adalah limbah yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik itu industri ataupun domestik (rumah tangga). Jika ingin memahami lebih dalam tentang keyboard silahkan baca pembahasan lengkap tentang pengertian Sampah di bawah ini.
 
Pengertian Mengenai Sampah, Jenis, Manfaat dan Dampak dari Sampah

Sampah seringkali menjadi salah satu masalah terbesar bagi kota-kota besar di Indonesia. Pasalnya, masih banyak anggota masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan. Mereka tidak mengerti kalau sampah yang dibuang secara sembarangan itu sebenarnya memberikan banyak dampak negatif bagi kehidupan manusia. Simak pembahasan lengkap tentang pengertian sampah, jenis-jenis sampah, dampak sampah, dan manfaat sampah berikut ini.

Pengertian Sampah


Sampah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik itu industri ataupun domestik (rumah tangga). Berikut ini adalah pengertian sampah menurut para ahli:

1. Menurut UU No. 18 Tahun 2008

Pengertian sampah menurut UU No. 18 Tahun 2008 adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang bentuknya padat atau semi padat berupa zat organik ataupun zat anorganik, yang sifatnya bisa terurai atau tak bisa terurai, yang dianggap sudah tak bermanfaat lagi dan dibuang ke lingkungan sekitar.

2. Menurut Billy Maulana
Pengertian sampah menurut Billy Maulana adalah material sisa yang tak diinginkan lagi setelah berakhirnya suatu proses.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian sampah menurut KBBI adalah benda yang dibuang karena kotor atau tak terpakai lagi.

Jenis-Jenis Sampah


Berdasarkan asalnya, sampah bisa dibedakan menjadi dua jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Sampah Organik

Sampah organik merupakan jenis sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang bisa didegradasi oleh mikroba atau sifatnya biodegradable. Sampah ini bisa diuraikan dengan mudah melalui proses alami. Sebagian besar sampah rumah tangga tergolong sebagai sampah jenis organik. Adapun contoh dari sampah organik antara lain sisa-sisa makanan, sampah dari dapur, kulit buah, sampah sayuran, dan lain sebagainya.
 
2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non-hayati. Sampah anorganik bisa berupa produk sintektik ataupun hasil dari proses pengolahan bahan tambang. Sampah jenis ini dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, yaitu

a. sampah logam dan produk-produk olahannya.

b. sampah plastik.

c. sampah kertas.

d. sampah kaca dan keramik.

e. sampah detergen.

Sebagian besar sampah anorganik tidak bisa diurai oleh alam atau mikroorganisme, sedangkan sebagian lainnya bisa diurai tapi membutuhkan periode waktu yang cukup lama. Menurut Gilbert dkk, yang termasuk sampah anorganik antara lain botol plastik, tas plastik, kaleng, botol gelas, dan lain sebagainya.

Sedangkan berdasarkan bentuknya, sampah dibedakan menjadi beberapa jenis:

1. Sampah Padat

Sampah padat merupakan segala jenis sampah yang berbentuk padat, seperti sampah rumah tangga, sampah kebun, sampah plastik, metal, dan lain sebagainya.

2. Sampah Cair

Sampah cair merupakan bahan cairan yang telah digunakan dan sudah tak diperlukan lagi sehingga dibuang ke tempat sampah. Contohnya adalah limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitam merupakan jenis sampah yang dihasilkan dari toilet. Sampah ini mengandung zat-zat berbahaya. Sedangkan limbah rumah tangga merupakan sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi, atau tempat cucian.

3. Sampah Alam

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi di kehidupan liar dan mengalami proses daur ulang secara alamiah. Contohnya adalah daun-daun kering di hutan yang akan terurai saat jatuh ke tanah.

4. Sampah Manusia

Sampah manusia merupakan istilah yang umumnya digunakan terhadap hasil pencernaan manusia. Contohnya seperti urine dan feses. Sampah ini bisa membahayakan kesehatan karena bisa digunakan sebagai sarana berkembangnya penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

5. Sampah Konsumsi

Sampah Konsumsi adalah sampah yang dihasilkan oleh manusia sebagai pihak pengguna barang. Dengan kata lain, sampah konsumsi adalah sampah yang dibuang manusia ke tempat sampah setelah selesai dikonsumsi.

6. Limbah Radioaktif

Limbah radioaktif atau limbah nuklir mengandung zat uranium dan thorium yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Karena itulah, sampah jenis ini harus disimpan di tempat terpencil, di mana tempat tersebut tak memiliki potensi tinggi untuk melakukan aktivitas tertentu.

Dampak Sampah


Tak bisa dipungkiri kalau sampah memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia.

1. Dampak terhadap kesehatan

Tahukah kamu, penyakit seperti diare, tifus, dan kolera bisa menyebar dengan cepat karena adanya virus yang berasal dari sampah. Penyakit demam berdarah juga biasanya menyerang warga di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai. Tak hanya itu saja, penyakit jamur, seperti jamur kulit juga bisa menyebar karena sampah.

2. Dampak terhadap lingkungan

Cairan rembesan sampah biasanya akan mengalir ke dalam sungai. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pencemaran air sehingga berbagai organisme, termasuk ikan bisa saja mati. Selain itu, sampah yang dibuang ke dalam sungai akan menghasilkan asam organik dan gas cair organik, seperti gas metana. Tak hanya berbau tak sedap, gas ini juga bisa meledak jika berada pada konsentrasi tinggi.

3. Dampak terhadap keadaan sosial dan ekonomi

a. Sampah yang berceceran akan membentuk lingkungan yang kurang sedap dipandang di mata masyarakat dan juga bau yang tidak sedap.

b. Memberikan pengaruh negatif terhadap bidang kepariwisataan.

c. Sampah yang dibuang sembarangan ke dalam air bisa menyebabkan banjir.

d. Sampah yang tak dikelola dengan baik akan menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat.

Manfaat Sampah


Meski membawa dampak negatif, sampah sebenarnya juga membawa manfaat sebagai berikut:

1. Sebagai pupuk organik untuk tanaman.

2. Sumber humus.

3. Bisa didaur ulang menjadi berbagai jenis produk yang bermanfaat.

4. Bisa dijadikan bahan bakar alternatif.

5. Bisa dijadikan sumber listrik, dengan cara terlebih dahulu mengubah sampah menjadi gas metana.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian sampah, jenis-jenis sampah, dampak sampah, dan manfaat sampah yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, khususnya mengenai sampah.

0 Response to "Pengertian Mengenai Sampah, Jenis, Manfaat dan Dampak dari Sampah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel